Silaturahim Dengan MUI, LDII Cimahi Paparkan Enam Tabiat Luhur

Cimahi (10/3/2021). Para pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kota Cimahi bersilaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi, di kediamannya, Rabu (10/3/2021).  Kunjungan ini sebagai rangkaian pra Munas IX LDII yang akan dilaksanakan pada 7-8 April 2021 mendatang.

Hadir dalam silaturahmi itu para pengurus DPD LDII Kota Cimahi yakni H. Anda Lusia (Wakil Ketua), Fadel Abrori, S.Pi., MH (Sekretaris), dan Muhammad Enggartiarstanto, SIKom (Wakil Sekretaris) yang disambut Ketua Umum MUI Kota Cimahi KH Alan Nur Ridwan.

KH Alan Nur Ridwan mengatakan, semua umat Islam di Kota Cimahi harus selalu membangun dan memelihara kerukunan di masyarakat. Pasalnya, kerukunan dan kerjasama sangat dibutuhkan bagi semua elemen masyarakat dalam membangun kota secara bersama-sama, untuk mendukung pemerintah.  Hal ini sesuai dengan agama Islam mengajarkan mengenai kerukunan.

“Jika kerukunan selalu terjalin di masyarakat, baik yang seagama, antar agama, antar suku, maka lingkungan akan kondusif dan akan nyaman melaksanakan ibadah. Namun jika komunikasi tidak berjalan, maka kerukunan tidak akan terjadi,” ujar Alan.

Menurut Alan, masyarakat dalam melaksanakan hubungan atau komunikasi harus berlandaskan trilogi ukhuwah yakni ukhuwah insaniyyah, ukhuwah watoniyah, dan ukhuwah Islamiyah. Jika ini dilakukan, maka akan menciptakan kelestarian kerukunan di masyarakat luas.

“MUI posisinya sebagai rumah besar Islam bertugas membina umat. Marilah kita selalu menjaga dan mempertahankan kerukunan ini. Kerukunan membutuhkan pengorbanan,” harapnya.

Sementara Sekretaris DPD LDII Kota Cimahi Fadel Abrori, S.Pi., MH mengatakan, LDII selama ini selalu mengajarkan mengenai kerukunan, yakni dengan pedoman enam tabiat luhur yakni rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, dan mujhid-muzhid. Dengan enam tabiat luhur ini mengajarkan warga LDII selalu rukun dengan semua orang.

“Warga LDII selalu menerapkan enam tabiat luhur sebagai pedoman dasar dalam berperilaku. Selalu berbuat baik dengan tetangga dan selalu membantu kepada yang membutuhkan pertolongan,” ujar Fadel.

Selain itu, Fadel menambahkan, selama masa pandemi Covid-19 ini, LDII tetap mengadakan pengajian secara rutin dengan cara daring. Pengajian dilaksanakan di tiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) tingkat kelurahan, Pimpinan Cabang (PC) tingkat kecamatan, hingga DPD tingkat kota.

“Dalam pelaksanaan pengajian, kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pengurus dan operator. Sementara warga dan simpatisan mengikuti secara daring di rumah masing-masing. Selain itu, pengajian untuk anak-anak umur pra TK hingga SD dilaksanakan secara luring di masing-masing majelis taklim dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (fadel)