Sakocab Pramuka SPN Kota Cimahi Diharap Mengurangi Kenakalan Remaja

Pembimbing dan pengurus pimpinan Satuan Komunitas Cabang (Sakocab) Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN) Kota Cimahi masa bakti 2021-2026 dilantik dan dikukuhkan Sekretaris Kwarcab Kota Cimahi Endang Ahmad, S.Pd di Gedung Serba Guna (GSG) Ponpes Baitul Izzah, Sabtu (20/2/2021).

Hadir dalam pelantikan tersebut yakni Wakil Ketua Bidang Keuangan Kwarcab Kota Cimahi Edi Sofyan, S.Sos, Wakil Ketua Bidang Pengabdian dan Hubungan Masyarakat Kwarcab Kota Cimahi Drs. Ano Suwarsono, M.Si, dan para Andalan Kwarcab Kota Cimahi.

Selain itu hadir para Majelis Pembimbing Sakocab Pramuka SPN Kota Cimahi yakni Ir. Dwi Hartono (Ketua), H. Ezra Votari, S.Si (Wakil Ketua), Fadel Abrori, S.Pi., MH (Sekretaris), Kolonel (Purn) H. Wiyono, dan lainnya. Sementara terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Sakocab Pramuka SPN Kota Cimahi masa bakti 2021-2026 yakni Bambang Setiawan, S.Pd., M.G dan Shodiq Ariwibowo.

“Kami sangat menyambut baik dikukuhkannya Sako dengan harapan ke depan Gerakan Pramuka di Kota Cimahi semakin semarak, maju dan berkembang karena Sako SPN satu-satunya pramuka berbasis masjid dan pesantren yang sangat penting dalam pembentukan karakter generasi muda sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka,” kata Sekretaris Kwarcab Kota Cimahi Endang Ahmad, S.Pd dalam sambutannya sesaat setelah pelantikan.

Endang mengharapkan keberadaan Sako SPN di Kota Cimahi bisa mengurangi kenakalan remaja masa ini yang cenderung membangkang, melawan, dan indisipliner. “Mudah-mudahan keberadaan Sako SPN bisa mengurangi kenakalan remaja, sehingga mereka dapat berubah dan terarahkan ke hal-hal yang positif, terutama di dalam ajaran dakwah,” urainya.

Menurut Endang, Sako SPN diyakini dapat berkembang pesat karena pendidikannya mengutamakan nilai-nilai agama dan syariat Islam dengan harapan peserta didik kita memiliki tabiat yang mulia, jujur, amanah, hemat, dan bekerja keras. “Juga dalam berkelompok bisa rukun, kompak, dan bisa bekerjasama dengan kawan-kawan mereka. Hal ini merupakan perwujudan dari isi Dasa Dharma Pramuka,” imbuhnya.

Mengenai kondisi saat ini yang berada dalam masa pandemi Covid-19, menurutnya menyebabkan tantangan dalam pendidikan kepramukaan semakin besar. Namun pramuka diyakini memiliki andil besar dalam memutus penyebaran Covid-19 dengan mengajak orang di sekitar untuk selalu melakukan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal ini untuk membantu pemerintah dan satgas Covid-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sementara Ketua Sakocab Pramuka SPN Kota Cimahi Bambang Setiawan, S.Pd., M.G mengatakan, terdapat 14 Gugus Depan yang terbentuk di 3 kecamatan dengan basis majelis taklim di Kota Cimahi.

“Sako Pramuka SPN Kota Cimahi sudah banyak melakukan kegiatan kepramukaan, baik dilaksanakan di pangkalan maupun di luar. Sakocab Pramuka SPN Kota Cimahi berupaya dalam pembentukan dan pembinaan generasi muda yang berjiwa kebangsaan dan kemandirian. Caranya bekerjasama dan mendukung program kerja Kwarcab Kota Cimahi,” ujarnya. (fadel)