Plt Walikota Apresiasi Kontribusi LDII Cimahi

Cimahi (29/1)2021). Pengurus DPD LDII Kota Cimahi beraudiensi dengan Plt Walikota Cimahi dan jajarannya di Ruang Rapat Walikota. Audiensi ini sebagai rangkaian silaturahmi berkelanjutan dengan Pemkot Cimahi.

Kedatangan para pengurus DPD LDII Kota Cimahi yakni Ir. Dwi Hartono (Ketua), Fadel Abrori SPi MH (Sekretaris), dan Drs. H. Soedradjat (Dewan Penasehat) diterima hangat oleh Plt Walikota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana yang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda DR. Maria Fitriana SSos MM, Kabag kesra Sugeng Budiyono SSos MT, dan Kakankesbang Mardi Santoso SSos

Plt Walikota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih bisa bersilaturahmi dengan jajaran pengurus DPD LDII Kota Cimahi.

“Terima kasih kita bisa bersilaturahmi dan silaturahmi ini jangan sampai terputus. Terima kasih untuk hubungan yang selama ini sudah dibangun, hubungan dalam apapun,” ujar Ngatiyana.

Lebih lanjut purnawiran TNI ini mengatakan, kontribusi LDII di Cimahi bagus. Diharapkan LDII terus berkontribusi dalam pembangunan Kota Cimahi secara berkelanjutan.

“Terima kasih untuk kontribusinya terhadap Kota Cimahi. Mudahan Cimahi selanjutnya diberi keselamatan dan kelancaran, sehingga program pembangunan berjalan sesuai rencana kerja,” urai Ngatiyana.

Bahkan, Ngatiyana meminta agar sinergitas dengan LDII bisa ditingkatkan lagi. Sehingga program pembangunan di bidang kemasyarakatan bisa ditingkatkan dan berjalan secara berkelanjutan.

“Ini kontribusi positif, dimana ada kesediaan LDII untuk membantu di bidang kemasyarakatan. Mudahan sinergitas ini bisa ditingkatkan lagi ke depannya,” harapnya.

Sementara Ketua DPD LDII Kota Cimahi Ir. Dwi Hartono mengatakan, LDII sebagai ormas Islam merasa senang membantu pemerintah dalam program pembangunan, terutama di bidang kemasyarakatan.

“LDII sebagai ormas Islam sudah seharusnya untuk membantu pemerintah. Kegiatan yang kami laksanakan banyak. Untuk program pendidikan, saat ini LDII punya SMP dan SMA boarding school yaitu Baitul Izza Boarding School, yang menyatu dengan Ponpes Baitul Izza. Selain itu juga ada Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Nurhasan,” urainya.

Kegiatan pendidikan ini, tambah Dwi, didasari adanya bonus demografi di Indonesia. Sehingga jika angkatan muda dikelola dan dibina dengan baik maka akan menjadi bonus. Namun jika tidak dikelola dan dibina dengan baik maka akan menjadi bencana.

“LDII juga membuat metode pengajaran dan kurikulum pendidikan. Tujuannya agar generasi muda bisa mencapai tri sukses, yaitu alim faqih, berakhlakul karimah, dan mempunyai kemandirian, dengan target akhir mencetak sumber daya manusia profesional dan religius,” urainya.

Mengenai keberadaan LDII, Dwi menjelaskan, saat ini LDII sudah ada di semua kecamatan di Kota Cimahi, yaitu dengan keberadaan PC LDII Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah, dan Kecamatan Cimahi Selatan.

Sementara PAC, setingkat kelurahan, juga sudah terbentuk. Dari 15 kelurahan di Kota Cimahi, sisa 1 kelurahan yang belum terbentuk, yaitu di Kelurahan Cimahi. Masing-masing PAC juga menaungi majelis taklim. Setiap PAC terdapat majelis taklim sekitar 6-8 majelis taklim.

“Setiap majelis taklim biasanya mengadakan pengajian umum tiga kali seminggu. Selain itu ada pengajian cabe rawit, pra remaja, remaja, usia nikah, dewasa, hingga pengajian lanjut usia. Bahkan ada pengajian aghnia dan pengajian haji,” jelas Dwi.

Kegiatan lainnya, imbuh Dwi, berupa kemandirian ekonomi dengan membentuk Usaha Bersama (UB) di tingkat PAC. UB menyediakan kebutuhan sehari-hari warga LDII. Bahkan saat ini sebagian UB sudah memberikan layanan pengantaran pesanan.

“Untuk meningkatkan kinerja UB, maka UB yang ada di setiap kelurahan di link kan se provinsi. Dengan tujuan bisa membuat pengadaan barang dalam volume besar. Tahun lalu diwujudkan melalui pengadaan hewan kurban, yaitu sapi,” pungkasnya. (fadel)