Munas V Persinas ASAD, PB IPSI: Persinas ASAD Stimuli Bagi Perguruan Lain

Persatuan Silat Nasional Aman, Selamat, Ampuh, Damai (Persinas ASAD) dalam menggerakkan organisasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Termasuk dalam melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) V yang dihelat di Padepokan Persinas ASAD, Kamis (7/1/2021).

Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat (PB IPSI) Muhammad Taufik yang hadir pada Munas ini mengatakan, Persinas ASAD memiliki SDM yang kreatif dan inovatif sehingga bisa menjadi contoh  bagi perguruan lainnya. “Persinas ASAD dengan kegigihan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan kreatif dalam teknik sehingga bisa mendahului para perguruan seniornya di IPSI,” ujarnya.

Kreativitas Persinas ASAD, menurut Muhammad Taufik, bisa menjadi stimuli perguruan lain, untuk melakukan pembinaan mental dan spiritual. “Stimuli ini penting, agar silat bisa tampil dalam olimpiade,“ ujar Taufik.

Senada dengan Muhammad Taufik, Sekretaris Umum PB Persinas ASAD Teddy Suratmadji menambahkan, inovasi di bidang teknologi sangat membantu pembinaan atlet. “Untuk latihan dan pertandingan kami membuat digital scoring, yang memungkinkan transparansi dalam perhitungan poin. Teknologi ini telah kami patenkan,“ papar Teddy.

Untuk membina dan memonitor perkembangan atlet ,berprestasi, PB Persinas ASAD memiliki ASAD Information System (AIS). “Teknologi ini untuk memantau tumbuh kembang atlet, dan kami terus bisa melacak keberadaan atlet berprestasi tersebut, jangan sampai kami kehilangan atlet yang potensial,” kata Teddy.

Ia juga menegaskan, inovasi teknologi yang dimiliki Persinas ASAD nantinya juga bisa dimanfaatkan perguruan lain, demi kemajuan seni bela diri pencak silat nasional. (fadel)