LDII Sumedang Beraudiensi dengan Kepala Kementrian Agama Sumedang


Pada Hari Selasa, 16 Februari 2021 pukul 13.00 WIB, Pengurus DPD LDII Kab. Sumedang berkunjung ke kantor Kementrian Agama Sumedang, Jalan Kutamaya No. 25 Islamic Center, Sumedang. Para pengurus yang hadir dalam adiensi itu H. Usep Aziz Solehuddin (Ketua DPD), Denny Sontana, S.Sos. (Sekretaris), dan dua pengurus lainnya, H. Atmo Waluyo dan Dadan W, M.Pd

Audiensi ini terlaksana dua bulan setelah Kepala Kemenag Kabupaten Sumedang, H. Jajang Apipudin, MAg yang menggantikan pejabat lama H. Hasen, S.Ag., M.Si dilantik oleh Kakanwil Kemenag Jabar Dr. H. Adib, M.Ag di aula Kantor Kanwil Kemenag Jabar di bulan Desember 2020.

Dalam audiensi ini, Ketua DPD LDII memperkenalkan pengurus yang mendampinginya. Kemudian, Usep menyampaikan kegiatan organisasi yang sudah dilaksanakan di awal tahun 2021 diantaranya pembekalan Satgas Penanganan Covid 19 di Lingkungan LDII.

Kemudian, Kepala Kemenag Sumedang, H Jajang Apipudin, M.Ag mengungkapkan berterima kasih LDII telah datang ke kantornya. Beliau meminta ormas LDII menjadi mitra dan menyelaraskan program-program Kemenag. Beliau pernah menjadi PNS di Kab Bandung dan bertugas di Kemenag Jabar, program penyuluhan dilakukan oleh kemenag dengan selaras tuntutan bangsa, terutama di bidang kesehatan mengenai vaksinasi, mendampingi penyuluh BKKBN, dsb.

Jajang yang sebelumnya menjabat Kasie Pembinaan Haji dan Umroh Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jabar, dengan ditempatkan di Kemenag Sumedang, menyampaikan bahwa keberadaan penduduk yang mayoritas muslim, maka di Kantor Kemenag Kabuoaten Sumedang tidak ada Seksi Binmas yng mengurusi keagamaan, selain Islam. Permasalahan keagaamaan selain Islam dikoordinasi dengan FKUB Kab. Sumedang yang dipimpin oleh KH. Syamsul Fatah.

Selama satu jam, perbincangan ini diakhiri. Kemudian Ketua DPD LDII menyerahkan Laporan Kegiatan Organisasi DPD LDII Kab. Sumedang Tahun 2020 kepada Kepala Kemenag Sumedang.

Sekretaris DPD, Denny Sontana menyerahkan kepada petugas Kesbangpol

Laporan Kegiatan Organisasi (LKO) Tahun 2020 ke Kesbangpol Kab. Sumedang

Sebelumnya, Pengurus DPD LDII Kab. Sumedang menyerahkan sepucuk surat beserta lampiran satu bundel, berupa kegiatan tahunan 2020 dilakukan organisasi LDII Sumedang ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang.

Kegiatan itu dilakukan dalam kurun waktu setahun terhitung mulai tgl 1/1/2020 s.d. 31/12/2020. Tampak di Kantor Kesbangpol (Selasa, 16/2/21 pukul 11.30 WIB), Sekretaris DPD LDII Kab. Sumedang, Denny Sontana, S.Sos. seperti dokumentasi ini (menyerahkan sepucuk surat dari DPD LDII dan lampiran satu bundel kegiatan). Petugas Kesbangpol menerimanya dan untuk diserahkan kepada pimpinan mereka.
“Alhamdulillah, kinerja pengurus oleh cukup solid dan kompak sehingga dapat menyelesaikan tepat waktuya. Terima kasih atas spirit semangat dan motivasinya, alhamdulilah jazakumullohu khoiro,” ungkap Denny dalam perjalanan menuju Sekretariat LDII tersebut

Tentunya, dengan silaturahim dan komunikasi menjadi suatu keniscayaan.
(dan/TIM Redaks)