LDII dan Senkom Subang Bantu Korban Banjir

Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Subang, khususnya di Kecamatan Pamanukan, menyebabkan air sungai Cipunagara meluap dan jebolnya tanggul sungai di beberapa titik. Dampaknya, ratusan rumah terendam banjir hingga setinggi dada.

Bencana yang terjadi pada Senin (8/2/2021) pagi hari tersebut membuat ribuan masyarakat di Kecamatan Pamanukan dan sekitarnya mengungsi ke berbagai tempat yang aman. Bahkan sebagian sarana infrastruktur rusak, termasuk jembatan yang ambruk, mengakibatkan terputusnya jalur penghubung transportasi ke kota .

DPD LDII Kabupaten Subang bersama Pengurus Cabang Senkom Mitra Polri Kabupaten Subang bahu membahu membantu masyarakat terdampak untuk mengungsi ke tempat yang aman. Mereka mengoordinir evakuasi dan ikut membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Ketua DPD LDII Kabupaten Subang, H. Kusnanto SPd MMPd mengatakan, LDII turut serta membantu evakuasi warga terdampak ke tempat pengungsian. Selain itu juga memberikan bantuan makanan dan bantuan lainnya.

“Kami juga menyalurkan bantuan logistik berupa beras, mi instan, makanan, dan air mineral untuk warga yang terdampak. Secara simbolis kami serahkan kepada Lurah Ciasem dan Babinkamtibmas, selanjutnya dibagikan kepada korban banjir di wilayah Ciasem dan Pamanukan,” ujar Kusnanto.

Selain itu, Kusnanto menambahkan, penyaluran bantuan dari warga LDII PC Legon Kulon diberikan kepada Senkom Kab. Subang, yang selanjutnya didistribusikan langsung ke tempat pengungsian berupa makanan dan bantuan lainnya.

“Penyaluran bantuan untuk korban bencana di Subang khususnya di Pamanukan sekitarnya merupakan refleksi warga LDII terhadap masyarakat dan bentuk kepedulian kita dalam menyikapi beratnya beban saudara kita yang tertimpa bencana,” ujarnya.

BPBD Kabupaten Subang dan pemerintah kecamatan setempat telah membuat Posko Banjir di Kecamatan Pamanukan. Hingga saat ini hari rabu, 10 Februari 2021 air masih belum surut secara signifikan.

Di sisi lain, Bupati Subang H. Rohimat mengapresiasi kinerja DPD LDII Kab. Subang dan Senkom Subang yang telah membantu para korban, dengan menjadi relawan dalam penanganan korban bencana di Kabupaten Subang khususnya di wilayah Pamanukan. “Saya mengapresiasi LDII dan Senkom yang telah ikut andil untuk mendistribusikan logistik dan ikut mengevakuasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman,” ujarnya, saat ditemui di posko logistik.

Berdasarkan catatan, sebagian warga LDII juga terkena dampak banjir, dan tersebar di beberapa wilayah. Di wilayah Tambak Dahan ada 2 KK, Pamanukan 10 KK, Legon Kulon 12 KK dan beberapa KK di Ciasem. Jumlah keseluruhan sebanyak 28 KK terdiri dari 89 Jiwa. Dimana 11 KK atau sebanyak 23 jiwa mengungsi. 8 rumah terendam parah dan 2 rumah terendam sedang. Selain itu, tercatat 17KK terisolir dengan rincian 5KK terdampak banjir rob laut dan 12KK banjir sampai depan rumah. (fadel)