LDII Jabar Gelar Webinar Kesekretariatan

Bandung (28/2/2021). DPW LDII Provinsi Jawa Barat menggelar Webinar Kesekretariatan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Ketua dan Sekretaris DPD, PC, dan PAC se-Jawa Barat, dengan studio utama di Kantor Sekretariat DPW LDII Provinsi Jawa Barat, Minggu (28/2/2021). Kegiatan ini sebagai upaya penyeragaman dan standarisasi kesekretariatan di wilayah Jawa Barat.

Tercatat sekitar 2100 peserta mengikuti acara ini dari 210 studio mini yang tersebar di DPD, PC, dan PAC se-Jawa Barat. Sementara materinya diisi Sekum DPP LDII H. Dody Taufiq Wijaya, Ak, M.Com, CA dan para Sekretaris DPP LDII yakni H. Eddy Supriady, SKom, MM; H. Ibnu Anwarrudin, SH, MH; dan Rioberto Sidauruk, SH, MH.

Sementara di studio utama DPW LDII Provinsi Jawa Barat hadir jajaran pengurus harian yakni drg. H. Dicky Harun, Sp.Ort (Ketua), Ir. Achjar Nazaruddin MBA dan dr. Agus Muharam, MM (Wakil Ketua), H. Oos Koswara, Spd (Sekretaris), Fadel Abrori, SPi, MH; M. Satria Suyadi Putra dan M. Diva Abdul Hakim (Wakil Sekretaris) dan para pengurus lainnya.

Dalam arahannya, Sekretaris Umum DPP LDII H. Dody Taufiq Wijaya, Ak, M.Com, CA mengatakan, sekretaris merupakan komponen penggerak utama roda organisasi. Sehingga dibutuhkan pemikiran yang sepenuhnya baik otak, hati, maupun gerakan untuk menjalankan roda Kesekretariatan.

“Semua sekretaris di semua tingkatan mulai DPW, DPD, PC, dan PAC harus berpikiran sama. Ini bukan pekerjaan full time, namun pikiran kita harus full time. Karena ormas itu kegiatannya terus menerus, tidak mengenal waktu. Sekretaris harus bisa mendukung roda organisasi dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, imbuh Dody, diharapkan tidak terjadi lagi kesalahan dalam tata naskah dan surat menyurat karena sudah diberikan standarisasi mengenai ketentuannya.

“Para sekretaris itu harus diterampilkan, sehingga tata naskahnya bisa standar. Selain itu, kesekretariatan ini merupakan gudangnya dokumen dan arsip, terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan. Arsip fisik didokumentasikan, lalu dicopy dan disimpan sebagai arsip digital,” urainya.

Sementara, Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat, drg. H. Dicky Harun, Sp.Ort dalam sambutannya mengatakan, keberadaan sekretaris dalam organisasi sangat penting dan vital. Pasalnya, semua pergerakan organisasi berporos, bertumpu pada bidang ini. Sama halnya posisi sekretaris dalam organisasi LDII. Sekretaris mengatur dan mendistribusikan semua kebutuhan dan kepentingan organisasi, sehingga menjembatani terjadinya hubungan yang baik antara internal dan eksternal organisasi.

“DPW LDII Provinsi Jawa Barat berusaha mendorong keaktifan sekretaris di tingkat DPD, PC dan PAC agar melancarkan kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Sehubungan dengan kepengurusan masa bakti 2020-2025 yang baru dilantik pada 24 Desember 2021, atau sekitar dua bln lalu, maka kami berkeinginan agar para sekretaris di semua tingkatan se-Jawa Barat bisa satu persepsi dan satu aturan mengenai kesekretariatan ini, yaitu dengan mengundang Sekum dan para Sekretaris DPP LDII untuk memberikan materi mengenai Kesekretariatan,” urainya.

Dicky berharap, dengan webinar ini para sekretaris mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang luas tentang kesekretariatan. Sehingga tidak terjadi gagap administrasi karena kurangnya pengetahuan mengenai kesekretariatan.

“Kemampuan kesekretariatan ini sangat vital. Sebab kalau tidak memiliki pengetahuannya, maka bisa terjadi salah nulis surat, salah penyimpanan file dan berkas,” pungkasnya. (fadel)