LDII Berikan Bantuan Untuk Korban Longsor Cimanggung

Sumedang (23/1/2021). Ketua DPD LDII Kab. Sumedang, H. Usep Aziz Solehuddin dan Ketua Bagian Pengabdian Masyarakat, Ir. Agus Somantri menyambangi Posko Gabungan Siaga Bencana Cimanggung, berada di SMA Negeri Cimanggung, pada Sabtu (23/1/2021). Pengurus DPD LDII diterima Indra, petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kab. Sumedang yang bertugas di posko.

Kedatangan para pengurus DPD LDII Kab. Sumedang dalam rangka menyerahkan bantuan kepada korban longsor Cimanggung. Penandatangan berita acara penyerahan bantuan dilakukan Usep, atas nama warga LDII Kab. Sumedang, dihadapan petugas BPBD. Bantuan yang diberikan berupa mi instan, perlengkapan mandi, pembalut wanita, pampers, dan air mineral.

“Kami ikut berduka cita dengan kejadian yang menimpa warga di Cimanggung. Kami hanya bisa memberikan sedikit sumbangsih dari warga LDII,” ujar Usep.

Menurut Usep, bantuan itu dikemas dalam LDII Peduli Cimanggung berupa paket sembako. Bantuan LDII ini akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang untuk mengatur dan mendistrusikannnya. Semua bantuan akan diperuntukkan bagi korban bencana longsor di Cihanjuang Cimanggung.

“Mudah-mudahan bisa meringankan beban saudara-saudara kami yang terkena musibah,” ujar Usep.

Seperti diketahui, longsor awal di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, terjadi pada Sabtu (9/1) sore. Ketika itu dilaporkan belasan rumah rusak berat dan 8 orang menghilang karena diduga tertimbun longsor. Pada malam hari, terjadi longsor susulan yang tak hanya menelan korban warga sipil, namun juga beberapa petugas yang sedang melakukan evakuasi korban.

Tercatat sebanyak 40 jiwa korban meninggal akibat bencana ini. Sementara itu, Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang tengah mengupayakan relokasi warga terdampak bencana tanah longsor di Desa Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Lahan relokasi akan disiapkan oleh pemerintah daerah, sedangkan rumah baru untuk warga dibangun oleh Kementerian PUPR. (fadel)