Ketum LDII : Kegiatan LDII Jabar Menggeliat dan Luar Biasa

Bandung (23/5/2021). Ketua Umum DPP LDII KH Criswanto Santoso memuji berkali-kali kinerja DPW LDII Provinsi Jawa Barat yang dinilai membanggakan dan bisa menjadi kontribusi citra baik LDII ke seluruh negeri. Diharapkan kontribusi ini semakin ditingkatkan, mengingat posisi Jabar sangat strategis sebagai wilayah penopang pusat.

“Alhamdulillah saya melihat Jabar mulai luar biasa. Seringkali informasi baik di suatu daerah karena mendapat informasi baik dari daerah lain. Jabar belakangan ini geraknya luar biasa dan menggeliat. Kegiatan di Jabar akan berpengaruh positif bagi daerah lainnya, karena informasi sangat mudah diperoleh pada masa digital ini,” ujar Chriswanto, saat memberikan pembekalan secara daring pada acara Konsolidasi Organisasi DPW LDII Provinsi Jawa Barat dan DPD LDII Kota/Kabupaten se-Jawa Barat, Sabtu (23/5/2021).

Chriswanto menambahkan, kegiatan LDII Jabar bukan hanya menjadi kegiatan Jabar saja, namun menjadi kontribusi citra positif pada daerah lain. Seringkali suatu daerah dinilai baik karena informasi baik dari daerah lain. Sehingga dibutuhkan kontribusi silang tentang pencitraan dari daerah yang mampu.

“Saya memandang Jabar adalah daerah yang potensi dan luar biasa. Maka saya berharap dari Jabar juga tersubsidikan adanya citra-citra kebaikan dengan adanya kegiatan-kegiatan yang luar biasa,” urainya.

Koordinasi dan komunikasi dengan stake holder terkait, imbuh Chriswanto, sangat penting pada era digital sekarang. Pasalnya, gap informasi bisa dikurangi. Kejadian pada satu daerah bisa dengan mudah diakses dan diketahui daerah lain.

“Kebaikan yg ditanamkan Jabar akan berdampak memberi kontribusi pada nasional bahkan dunia. Publikasi gerak Jabar akhir-akhir ini luar biasa, itu dampak informasinya tersebar ke seluruh Indonesia,” terangnya.

Chriswanto juga mengharapkan agar Jabar melakukan konsolidasi secara rutin. Pasalnya, konsolidasi sangat penting bagi organisasi dalam menjalankan kerja organisasi. Organisasi yang survive dan berdaya tahan yang kuat menghadapi gempuran adalah organisasi yang sering melakukan konsolidasi.

Seringnya konsolidasi membuat misinformasi menjadi minim, membuat persepsi sama dan saling mengerti, sehingga taswiyatul manhaj strategi bisa dibangun bersama dan menghasilkan tansikul harokah sebuah gerak seiring seirama atas satu kendali pada kebijakan yang sama. “Semakin sering melaksanakan konsolidasi menjadi semakin penting. Saya bersyukur sekali Jabar mengadakan konsolidasi,” ujarnya.

Cakupan pembinaan Jabar, menurut Chriswanto, cukup luas. Pasalnya, Provinsi Jabar berbatasan dengan tiga provinsi lainnya, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jateng. Sehingga program DPP akan membutuhkan support yang besar dari Jabar. Wilayah Jabar yang berbatasan dengan Jakarta antara lain Bekasi, Bogor, dan Depok.

“Support Jabar merupakan support yang luar biasa ketika DPP mengadakan suatu program. Sinkronisasi program pusat dan daerah di wilayah Jakarta, Jabar dan Banten menjadi sangat penting,” jelasnya.

Sehingga kepengurusan DPP saat ini, imbuh Chriswanto, kebanyakan berasal dari kawasan penyangga Jakarta. Tujuannya memudahkan merealisasikan program DPP, terutama delapan klaster program kerja. Hal ini juga terlihat dari komposisi kepengurusan DPP saat ini. Dimana, dari 12 ketua DPP, 4 orang diantaranya merupakan generasi muda untuk melanjutkan tongkat estafet LDII.

“Pasti ada kendala dengan masuknya generasi muda. Perlu penyesuaian mekanisme kerja. Namun itu hanya butuh waktu saja,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan delapan klaster program kerja, urai Chriswanto, LDII telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan masyarakat luas. Daerah didorong agar bisa melaksanakan program kerja tersebut. “Walaupun tidak semua dari delapan klaster bisa dilaksanakan, diharapkan ada beberapa item yang mendapat prioritas dari daerah. Silahkan mengacu pada delapan klaster dengan mengacu mekanisme ke dalam dan ke luar,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat, H. Dicky Harun mengatakan, konsolidasi ini rutin dilaksanakan setiap triwulan. Konsolidasi kali ini merupakan konsolidasi Triwulan II Tahun 2021. Sebelumnya, konsolidasi Triwulan I Tahun 2021 dilaksanakan pada Januari 2021 lalu. Konsolidasi ini merupakan upaya DPW menyinkronkan dan mendorong kinerja DPD LDII Kota/Kabupaten untuk memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah dan masyarakat.

“Kami ingin DPD LDII Kota/Kabupaten bisa memberikan kontribusi dan kemanfaatan yang sebesar-besarnya, baik bersinergi dengan pemerintahan, maupun kontribusi terhadap masyarakat luas. Diupayakan kontribusi ini selalu meningkat dari waktu ke waktu,” urainya. (fadel)