KETUM LDII : Jalankan Kehidupan Halal Melalui Ekonomi Syariah

Bandung (16/03). Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII menggelar Webinar Ekonomi Syariah pada Selasa (16/03) sebagai salah satu rangkaian Munas IX LDII pada April mendatang.

Webinar yang mengusung tema ‘Arah Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Paska Merger Bank Syariah Indonesia dan Pandemi COVID-19 Menuju Indonesia Maju’ ini, dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP LDII, Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. Dalam sambutannya, ia menyampaikan webinar ini ditujukan sebagai upaya revitalisasi dalam program umum DPP LDII yang akan dibahas dalam Munas mendatang.

“Pandemi Covid 19 ini telah membawa dampak krisis ekonomi, oleh karena itu salah satu upaya kita adalah di dalam Munas nanti, seluruh kompenen yang ada di bangsa ini harus ikut turut serta dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia”, ujarnya.

Sektor Ekonomi merupakan sektor yang sangat vital yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Dalam mempercepat pemulihan ekonomi, perlu didukung oleh semua elemen bangsa. LDII sebagai Ormas Keagamaan turut berperan dalam berkontribusi membangun ekonomi Indonesia melalui Ekonomi yang berbasis Syariah sebagai langkah awal menjalani kehidupan yang halal. 

 “LDII sebagai salah satu komponen bangsa merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi dalam rangka bagaimana kita melakukan sebuah langkah sekecil apapun akan tetapi itu mempunyai dampak yang kita harapkan menjadi bangsa yang bangkit menuju Indonesia Emas 2045 nanti”, lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Komisi Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Ventje Rahardjo Soedigno menyampaikan materi “Road Map Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Paska Merger BSI dan Pandemi Covid-19”.  Ia menjelaskan 4 Ruang Lingkup Ekonomi dan Keauangan Syariah, diantaranya: Pengembangan Industri Produk Halal, Pengembangan Industri Produk Syariah, Pengembangan Dana Sosial Syariah, serta Pengembangan dan Perluasan Kegiatan Usaha Syariah.

 “Empat fokus utama tersebut, perlu kita rangkai di dalam bentuk satu ekosistem, Ekonomi Keuangan Syariah Indonesia. Tentu perlu dibangun Bersama dengan beberapa steakholder yang ada di dalam Pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia”, tuturnya.

Selain Ventje Rahardjo, Direktur Bank Syariah Indonesia (BSI) turut hadir dengan memberikan materi “Peran BSI dalam Pemulihan UMKM Paska Merger Bank Syariah dan Pandemi Covid-19”, juga hadir CEO Bukalapak.com yang menyampaikan materi “Peran Ekonomi Digital dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi di Masa dan Paska Pandemic Covid-19”.

Dalam kesempatan tersebut, DPW LDII Jawa Barat turut serta mengikuti webinar ini, dengan dihadiri oleh Ketua DPW LDII Jawa Barat, Dicky Harun, dan Pengurus Biro Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) DPW LDII Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Biro EPM, Soewanto Rahardjo menyampaikan harapan dari webinar ini, dapat menambah pengetahuan warga LDII dalam bidang Ekonomi Syariah.