Bappenas Ajak LDII Bangun Karakter Masyarakat Melalui Pendidikan Agama

Garut (21/02/2021). Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Kementerian PPN/BAPPENAS, Drs. Amich Alhumami, MA, M.Ed., Ph.D, mengajak kepada LDII secara umum dan LDII Garut secara khusus untuk bekerjasama menjalankan fungsi Bappenas selaku lembaga pemerintahan yang bekerja di bidang pembangunan untuk turut membangun karakter masyarakat melalui pendidikan agama.

“Agama merupakan landasan utama dalam membangun karakter. LDII selama ini banyak memberikan kontribusi dalam membangun umat melalui pendidikan agama. Pembangunan karakter berbasis agama sangat penting untuk membangun umat Islam secara khusus dan masyarakat secara luas yang berkarakter bagus. Mari LDII bekerjasama menjalankan fungsi Bappenas,” ujar Amich, saat memberikan materi secara online dalam pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) VII LDII Kab. Garut yang mengusung tema “Kontribusi Berkelanjutan LDII untuk Garut yang Bertaqwa, Maju, dan Sejahtera”, bertempat di Gedung Pendopo Garut, Minggu (21 Februari 2021).

Amich mengapresiasi LDII sebagai ormas Islam yang telah banyak melakukan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kontribusi LDII dilakukan secara kontinyu dan berlangsung sejak lama untuk membangun dan memajukan masyarakat Indonesia secara umum.


“Apa yang dilakukan dan dikerjakan LDII adalah murni karena panggilan pengabdian yang bertujuan untuk menyebarkan Islam dan kemaslahatan bagi umat manusia. Motivasi kerja sosial ini untuk mendapatkan ridla dari Allah dan untuk membangun masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah, ujar Amich, dalam melaksanakan pembangunan juga mengedepankan melalui aspek agama, baik melalui pendidikan dan dakwah. Dengan tujuan menciptakan kemaslahatan dan mengembangkan ilmu pengetahuan

“Untuk menentukan satu tujuan, satu program, tidak mungkin kita mengabaikan satu dimensi, namun harus mencakup dan mendukung seluruh aspek, yang terkait erat untuk mewujudkan kualitas hidup manusia, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, dan agama. Sehingga agama tidak bisa ditinggalkan dalam seluruh konteks pembangunan,” urai Amich.

Bambang Hafidz, M.Si

Pada kesempatan yang sama, Bupati Garut yang diwakili Plt Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Bambang Hafidz, M.Si mengungkapkan terima kasih kepada LDII Garut yang telah berkontribusi secara nyata kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga berharap dari Musda ini akan menghasilkan produk-produk dan kebijakan baru yang bermanfaat bagi masyarakat Garut.

“Mari kita bekerjasama dan bersinergi untuk bisa mencapai target sesuai visi Kabupaten Garut yaitu mewujudkan Garut yang bertakwa, maju, dan sejahtera. Ini seiring dan sejalan dengan LDII,” ujar Bambang, saat membuka Musda VII LDII Kabupaten Garut.

Bambang mengapresiasi kepada LDII yang telah menyelenggarakan Musda dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan secara ketat. “Mudah-mudahan pelaksanaan Musda bisa berjalan lancar dan sukses sehingga bisa menghasilkan produk, arah, dan kebijakan yang bermanfaat bagi umat dan warga Kabupaten Garut,” urainya. (Fitri)